wiken kali ini

Saturday, June 30, 2007

Thanks God, akhirnya week end lagi…. Bisa dikit santai karna gak harus bangun pagi, bisa males-malesan dikit di tempat tidur sambil nyusun rencana buat habiskan wiken kali ini. Biasanya sih kalo pas wiken, bangun agak pagi buat sholat subuh trus tidur or males-malesan di kamar, trus nyetrika sebelum hari panas. Penginnya wiken kali ini agak lain, tapi apa ya… Yang jelas ritual setrika bisa kali ini absen dulu, penginnya sih maen-maen ke dapur aja….



Pas masuk dapur baru inget kalo masih ada ubi jalar yang kemarin beli di depan kantor, karena kemarin udah di kukus sebagian, dan misoa request ubi goreng, akhirnya bikin ubi goreng. Gak susah bikin ubi goreng ala ibunya Naufal, ubi yang udah dipotong-potong tinggal dibumbui bawang n sedikit air trus digoreng, udah deh…Ternyata masih ada beberapa ubi yang tersisa, rasanya sayang kalo gak langsung di masak, keburu jelek… tiba-tiba aja dapet ide bikin bubur ubi kayak yang biasa dibikin uthi di Semarang, kebetulan gampang bikinnya dan semua bahan masih ada. Bikinnya juga gampang banget ubi dipotong dadu kecil-kecil. Panaskan air yang udah ditambah gula merah dan daun pandan biar harum, trus masukkan deh si ubi yang udah dipotong kecil-kecil, tunggu sampe ubinya empuk. Sambil nunggu ubinya empuk, cairkan sedikit tepung tapioka, ukurannya kira-kira aja. Kalo ubinya udah empuk, masukkan tepung tapioka sambil diaduk-aduk sampai kental, jadi deh… biar tambah enak makannya pakai santan yang udah direbus pakai daun pandan n ditambah garam dikit. Hm….. enak banget pagi-pagi sarapan pake bubur ubi anget-anget plus ubi goreng n ditemani secangkir teh panas nyam…nyam…nyam….
Siangnya bingung mau masak apa, iseng-iseng liat lemari es masih ada telur n sambal sisa ayam goreng tadi malam, langsung deh kepikiran pengin bikin telur bumbu rujak/balado, kebetulan juga semua bahannya masih ada. Sisa sambal tinggal ditambah bawang merah, bawang putih, kemiri, sedikit jahe, daun jeruk, salam, daun serai dikit kalo suka trus ditumis, kalo udah harum masukkan telur rebus yang udah digoreng. Gak sampai setengah jam lauk makan siang dah jadi, biar seger makannya pako sayur bening bayam + gambas.
Sayur udah…. Lauk udah… enaknya bikin apalagi ya… karena santan bubur ubi tadi pagi masih, tapi buburnya udah ludes, jadi kepikiran pengin bikin es ala ibunya Naufal. Bahannya sih manfaatin yang ada aja kayak tapai ketan, cincau, sirop cocopandan, susu kental manis n santan, cuman kelapa mudanya yang beli di depan komplek. Seger banget loh… gak kalah ama es-es yang di jual di warung n rumah makan. He…he…he… narsis dikit neh…muji diri sendiri…
Alhamdulillah udah kelar semua, tinggal makan aja. Menu wiken kali ini komplit banget! Ada sayur bayam, telur balado, paru goreng, belut goreng n masih di tambah es segar ala ibunya naufal….. nyam…nyam… mak nyosss…. Rasanya juara…..!!!
Monggo makan bersama…



3 comments:

patriot_proklamasi July 4, 2007 at 9:29 AM  

wah bu,,lebih enak klo makanannya dikirim ke rumah sy

Anonymous July 13, 2007 at 12:03 AM  

emma:
knp ya kok gagal? kali ika slah nge klik kali? coba lagi ya ika jgn menyerah hihi...
kalo udh bikin scrapnya dg scrapbookflair software, mau nge-save, diatasnya ada tulisan import to jpeg image, nah klik disitu buat ngesave...oke...

kalo ada yg mo ditanya2, email aja gpp, emma_rdm@yahoo.com

-emma-

ummu mumtazah July 13, 2007 at 11:28 PM  

Wah...jadi ikitan laper nih..jadi pengen masak juga ah..

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP