Mie Telo,mie ungu yang sehat dan menarik

Friday, March 27, 2009


Mie tidak harus selalu identik dengan makanan tidak sehat,mengandung pengawet, mengandung lilin dsb..dsb... Bagi penggemar mie tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang ada produk yang namanya mie telo, mie sehat atau sweet Potatoes Noodle. Bukannya mau promosi, tapi saya juga baru tau kalo ada mie sejenis ini. Mie ini saya dapat dari adik yang selama ini menetap di Jawa Timur. Dari namanya kita udah bisa menebak kalo bahan utama mie ini dibuat dari ubi jalar ungu, jadi gak salah kalau mienya berwarna ungu, lain dari mie biasa yang berwarna putih atau kuning. Warna ungu dari mie ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri, jangan khwatir tentang asal warna ungu mie ini, warna ini didapat dari warna ungu alami ubi jalar sebagai bahan baku utama, dikemasan mie juga tertulis tanpa bahan pewarna tambahan, jadi kita tidak perlu kuatir adanya pewrna kimia yang ditambahkan. Selain tanpa bahan pewarna, mie ini juga kaya serat yaitu sekitar 11,52% per 100 gramnya. Selain serat, mie ini mengandung kalori 356,57 cal/100g, moisture 9,55%, protein 11,81%, fat 0,41%, Carbohydrate 76,41% dan ash 1,82%. Sedangkan komposisi mie terdiri dari tepung ubi jalar (telo), tepung terigu, gula, garam dan telur.


Memasak mie telo tidak beda jauh dengan mie-mie lainnya, pertama mie kita keluarkan dari bungkusnya (ya iyalah.. masak mau dimasak sama bungkusnya), terus rebus air sampai mendidih, kalo airnya sudah mendidih masukkan mie telo dan tunggu sekitar 3-5 menit. Kalo udah empuk, tiriskan mie dan siram dengan air dingin agar mie tidak lengket. Setelah disiram air dingin, tiriskan lagi mienya, setelah itu mie siap diolah sesuai keinginan kita. Untuk percobaan pertama, mie saya goreng seperti membuat mie goreng biasa, ditambah sayuran, udang plus bakso... hm... nikmat... selain warnanya menarik, mie ini juga lezat, rasa telonya udah ilang, jadi gak percaya deh kalo mienya terbuat dari telo. Naufal, anak saya aja demen banget makan mie satu ini, jadi saya gak susah-susah lagi nyuruh dia makan.

Selain mie telo ada juga mie wortel (carrot noodle). Mie wortel? Iya mie ini dibuat dari bahan dasar wortel , makanya mienya juga berwarna agak oranye. Selain berbahan dasar wortel, mie ini juga terbuat dari tepung terigu, bawang putih garam dan telur. Cara memasak mie wortel ini tidak beda dengan mie telo. Selain warna yang menarik plus rasa yang lezat, ternyata mie wortel ini juga mengandung banyak manfaat, kandungan bea karoten dalam wortel dapay membantu mencegah rabun senja dan penglihatan yang kabur. Wortel juga dapat mencegah kanker, anti oksidannya melawan kerja sel kanker dan mengatasi hipertensi. Kandungan pectin yang tinggi juga baik untuk menurunkan kolesterol darah, kecukupan serat dalam mie wortel dapat mengatasi konstipasi atau sembelit. Banyak ya manfaat dari mie wortel ini..

Ada mie telo, ada mie wortel ada juga mie seledri (celery noodle). Sesuai namanya, selain berbahan tepung, mie ini juga terbuat dari seledri, makanya mie ini berwarna putih dengan bintik-bintik hijau, warna khas seledri. Seperti mie wortel, mie seledri ini juga sarat manfaat. Seledri memiliki kandungan gizi tinggi, terutama protein, belerang, besi, fosfor, vit A, B1 & C. Slederi juga mengandung psoralen untuk mengatasi timbulnya radikal bebas penyebab penyakit kanker. Seledri dikenal sebagai sayuran untuk mengobati hipertensi, rematik, tifus, batuk rejan, asma, gangguan prostat, diare serta manjur untuk orang yang mudah lelah. Untuk membeli mie-mie sehat ini kita tidak perlu menguras isi kantong, karna tiap kemasan sekali masak, mie ini dijual dengan harga 3000 rupiah saja.

Oia mie telo ini dibuat oleh SPAT (Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu), sebuah perusahaan agribisnis yang berada di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Selain mie, SPAT juga membuat ice cream telo, cone, minuman instan dan aneka macam keripik buah. Memang sudah saatnya kita harus lebih kreatif mengolah hasil alam yang ada agar lebih menarik dan yang pasti bisa menaikkan nilai jual jika dibandingkan bentuk aslinya. Dengan sedikit kreatifitas juga bahan-bahan makanan bergizi yang kalau dinikmati bentuk aslinya kurang menarik, setelah diolah dengan sedikit kreatifitas tidak saja bermanfaat bagi tubuh tapi juga menarik dan lezat untuk dinikmati.

Profi dan produk SPAT dapat dilihat di spat-indonesia.or.id

6 comments:

Nia March 28, 2009 at 4:27 PM  

Lucu ya mie-nya jd warna warni krn pewarna alami dr bahan utamanya. Rayna kdg makan mie instant. Alhamdulillah ada 2 brand mie instant yg bebas MSG di sini.

ke2nai March 29, 2009 at 10:34 PM  

penasaran kyk apa yg makan mie ungu itu. Kl wortel sie sy pernah nyobain :)

mama arya March 30, 2009 at 1:28 AM  

asyikk ndah enake jeng, vegetarian semua slurppp

redaksi November 11, 2009 at 8:08 PM  

mie enak banget kayaknya, oh ya minta alamat dan no telpon produsennya dong. Oh ya salam kenal. Makasih.

Marwan
Facebook : Marwan Greenpress
(inboxmarwan@yahoo.co.id)
Blog www.marwanazis.wordpress.com
HP: 081219596499

Anonymous February 20, 2010 at 7:00 PM  

Good fill someone in on and this mail helped me alot in my college assignement. Gratefulness you for your information.

becce_lawo March 10, 2010 at 6:36 AM  

mienya keren..pasti enak...sehat lagi...salam kenal mbak...saya tinggal di makassar dan tertarik untuk menikmati mie ini...ada no kontak pemesanan, profil serta daftar harga mienya y mbak???
kalau ada, tlg di kirim di email: becce_lawo@yahoo.com
Hp:085242782625

Terima kasih sebelumnya mbak..:)

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP