Goodie Bag Ulang Tahun (Kue Kantong)

Monday, March 2, 2009



Setelah tanya sana sini, brosing sana sini akhirnya jadi juga goodie bag buat ultah Naufal yang ketiga. Karna waktu yang mepet (ngeles.com), goodie bag naufal diisi dengan barang-barang yang mudah di dapat, mudah dikemas, bermanfaat dan untuk makanannya tetep dipilih yang non msg. Pengin tau isi lengkapnya kan ?

Undangan

Makanan

Untuk makanan bunda pilihin nasi kuning, susu coklat kotak kecil, sereal coklat, snack colek, biskuit susu, biskuit finger,puding. Nasi kuning bunda pilih sebagai makan besarnya karna sepertinya kurang afdol kalo ulang tahun tanpa makanan yang satu ini. Sebagai pelengkapnya ada abon sapi, kering/balado tempe yang dicampur teri dan kacang, telur dadar yang diiris halus kayak mie dan perkedel kentang yang dikasih daging giling. Semuanya so pasti dimasak tanpa tambahan msg. Potongan tomat dan timun hijau, daun seledri segar dan taburan kedelai hitam goreng menjadi garnish umnntuk mengundang selera makan dan mempercantik tampilan si nasi kuning. Susu coklat kotak kecil sengaja dipilih agar bisa sekali minum langsung abis, soalnya temen naufal kan masih kecil-kecil. Kalo biskuit susu, n sereal coklat sih dipilih karna anak-anak kan biasanya suka susu. Sedang snack colek, biskuit finger n puding sih buat pelengkap aja. Puding susunya bikin sendiri pakai resep disebuah buku resep makanan sehat untuk balita.

Souvenir

Nah untuk souvenir, bunda beli celengan/tabungan kaleng. Tadinya sih pengin nyari yang gambarnya thomas & Friends sesuai tema ulang tahun Naufal, ternyata susah banget nyari kayak beginian. Akhirnya dapet celengan/tabungan bergambar hot wheels untuk cowok dan strawberry short cake untuk yang cewek. Masing-masing jenis ada 6 motif yang berbeda jadi semuanya ada 12 motif, lumayan bervariasi kan? Untuk tambahan souvenirnya bunda belikan buku mewarnai dan krayon yang murmer. Harapannya sih souvenir ini bisa mempunyai nilai edukasi buat temen-temennya Naufal. Tabungan/celengan jelas untuk melatih anak agar hemat dan rajin menabung sejak kecil, nah...berhubung seusia Naufal belum bisa baca tulis, jadi untuk temen-temennya bunda belikan buku mewarnai dan krayon. Selain tabungan dan alat mewarnai, sebenernya ada alternatif lain sebagai souvernir isian goodie bag, ultah taon lalu (walaopun gak diacarakan) goodie bag yang dibagi ke temen-temen deket, bunda isi dengan alat tulis yang lucu-lucu. Kalo gak salah waktu itu isinya buku tulis dengar gambar yang lucu, pensil, karet penghapus dengan bentuk yang lucu-lucu, serutan pensil dengan bentuk yang lucu juga.

Kemasan

Sekali lagi karena keterbatasn waktu (ngeles lagi), bunda gak sempat cari kemasan khusus untuk pembungkus goodie bag, tadinya sih pengin cari sesuatu yang unik lengkap dengan sablon nama, tapi karna untuk sablon perlu waktu sekitar seminggu , akhirnya bunda beli tas dari bahan plastik yang agak tebal dengan gambar winnie the pooh. Sebenernya agak gak match ama tema ultahnya sih... tapi gimana lagi.... Untuk souvenirnya, sebelum dimasukkan tas, dibungkus dulu dengan kantong plastik ultah yang banyak dijual di pasaran trus atasnya bunda ikat dengan pita warna warni.

Tag

Tag Ultah


Apa ya nama kertas kecil yang digantung di goodie bag yang berisi ucapan terima kasih? Setahu bunda sih namanya tag. Nah untuk tag ini bunda bikin sendiri, karena masih belajar photoshop, jadi tagnya masih sederhana sekali. Gambar backgroundnya pakai thomas yang dikasih opacity biar transparan, trus ditambah beberapa foto naufal n ornamen balon. Biar hemat, ukuran tag ini sengaja dibuat kecil, kalo pakai kertas A4 bisa jadi 12. Tag ini dilubangi pakai pelubang kertas n digantung di goodie bag. Tag ini juga berfungsi sebagai pengikat tas agar isinya gak tumpah. Yah...lumayan kan buat pemula.

Tips

Sedikit tips dari bunda buat moms yang ada rencana biki goodie bag. Pertama, tetapkan budgetnya lebih dulu, ini penting loh moms. Soalnya kadang qta suka tergoda dengan barang yang lucu-lucu, nah budget ini bisa mengerem “nafsu” kita buat belanja. Oia anak-anak tuh biasanya gak menilai dari mahalnya suatu barang tapi apakah barang tersebut menarik ato gak buat mereka. Kedua, tentukan tema. Tema ini erat kaitannya dengan barang-barang yang mau kita beli. Ketiga, untuk makanan pastikan makanan tersebut gak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk anak-anak, sebisa mungkin kurangi msg, permen atau makanan dengan warna-warna mencolok yang kadang mengandung bahan pewarna yang bahaya. Jangan lupa juga perhatikan tanggal kadaluarsanya loh.. gak mau kan pesta kita kacau gara-gara anak-anak keracunan makanan yang kadaluarsa. Oia sebagai pengganti jajanan, moms bisa juga pakai buah-buahan. Tahun lalu Naufal juga pakai buah sebagai pengganti jajan. Empat, souvenir bisa disesuaikan dengan usia anak dan teman-temannya. Untuk anak play group, moms bisa tambahkan buku mewarnai lengkap dengan krayonnya. Untuk anak-anak yang sudah mulai belajar membaca, buku cerita dengan gambar dan tulisan yang menarik bisa jadi alternatif pengisi goodie bag. Kelima, rajin-rajin cari informasi atau browsing untuk menambah referensi goodie bag yang bermanfaat sekaligus kreatif dan lain daripada yang lain. Last but not least, persiapkan goodie bag ini jauh-jauh hari agar kita tidak terburu-buru dan bisa leluasa hunting sesuai dengan keinginan kita.

Catatan : emblishment undangan dan tag diambil dari http://digiscrapdepot.com/

7 comments:

mae July 7, 2009 at 6:08 AM  

Makasih banyak tipsnya. Kebetulan lagi bingung banget mo nyiapin pesta ultah anak. Berguna banget deh !

kasih nash August 13, 2009 at 7:12 AM  

happy belated birthday buat naufal.. moga sentiasa dalam Rahmat Allah.. jadi anak soleh.. gembirakan ayahbondamu selalu..

Yeni Mulyani on Oriflame Lovers February 3, 2010 at 5:10 AM  

Nice tips bunda Naufal

Bisnis Bunda

Rahmalisa Danumulyo March 22, 2010 at 9:22 PM  

Anakku Fahmi dua minggu lg mo ultah yg pertama ... bingung mo buat goodie bagnya ... browsing sana sini malah tambah bingung ... tp ketemu mama naufal yg udah share ttg goodie bagnya ,,, simple .. sederhana ... sehat ... n ok. thaks ya

Rahmalisa Danumulyo March 22, 2010 at 9:22 PM  

Anakku Fahmi dua minggu lg mo ultah yg pertama ... bingung mo buat goodie bagnya ... browsing sana sini malah tambah bingung ... tp ketemu mama naufal yg udah share ttg goodie bagnya ,,, simple .. sederhana ... sehat ... n ok. thaks ya

Rahmalisa Danumulyo March 22, 2010 at 9:22 PM  

Anakku Fahmi dua minggu lg mo ultah yg pertama ... bingung mo buat goodie bagnya ... browsing sana sini malah tambah bingung ... tp ketemu mama naufal yg udah share ttg goodie bagnya ,,, simple .. sederhana ... sehat ... n ok. thaks ya

Anonymous April 5, 2010 at 9:04 AM  

mama naufal.. makasih berat bgt buat tips nya. ultah anak ku si masi lama 22 juni 2010 yg ke-1, tapi puyeng nya dari sekarang ^^ pas liat2 "mbah google" ada blog nya mama naufal. dapet deh info tambahan nya. makasih ya mama naufal.
cheers,
mama louis (sansan)

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP