TALENT MANAGEMENT

Wednesday, August 22, 2007


Seminggu yang lalu kantor saya ngadain talent management buat ex ojt tahun 2003-2006. Sebenernya seh jadwal acaranya udah pertengahan Juli lalu, tapi berhubung smua lagi sibuk, akhirnya acaranya diundur jadi tanggal 14-15 Agustus alias dipadatin dari rencana sebelumnya yang harusnya dilaksanain 3 hari.
Karna acaranya di palangkaraya-kalteng, so kami berangkat hari senin sekamir jam 10-an bawa mobil sendiri alias satu mobil isinya cewek smua, buat yang dah pernah perjalanan darat dari banjarmasin ke palangka bisa kebayang donk gimana kondisi jalannya yang banyak lobang-lobang n gelombang-gelombang karna tanah di Kalimantan yang labih. Tadinya sih sempat kuatir juga, apalagi ada temen yang bawa anaknya yang masih bayi, tapi berhubung tante harma si wanita perkasa mau nyetir sendiri, akhirnya kami berangkat sendiri aja tanpa sopir kantor *makasih ya tante harma, dirimu emang multi talented*



Balik lagi ke talent management. Management perusahaan kami lagi nyoba menerapkan talent management system untuk menjaring talent-talent alias calon-calon alias bibit-bibit pemimpin perusahaan. Talent management ini dilakukan diseluruh wilayah perusahaan dan diharapkan dapat menjaring talent dengan kualitas hi-po (high potensial) dan hi-per (high performance). Bentuk pencarian calon talent ini diadakan melalui serangkaian test yang tentu aja bikin kepala pusing tujuh keliling plus badan pegel-pegel. Gimana gak pusing n pegel, kalo dari pagi sampe malam kami musti ngerjain test yang seabrek-abrek.

Mau tau bentuk tes-nya?
Hari pertama 14 Agustus, pagi-pagi jam 8 acara dah mulai dengan macem-macem sambutan termasuk sambutan & penjelasan dari leader assessor (tim penilai) yang bikin kami harap-harap cemas. Tapi jangan kuatir, ibu yang satu ini lumayan funky n ceplas-ceplos. Abis penjelasan panjang lebar tentang talent management, mulai kami dibagi soal-soal yang musti kami kerjain. Untuk tahap pertama kami dikasih formulir yang berisi segala macam biodata mulai dari SD sampai kuliah, trus tahap kedua psikotest (aritmetika, bangun ruang, matematika dasar, tes verbal dsb). Abis itu baru semacam test kepribadian, test inilah yang paling banyak macamnya mulai dari test PAPI, 16 PF dsb, mulai yang soalnya cuman 15 buah sampai yang soalnya 105 buah. Selain itu kami juga musti bikin keberhasilan dan kegagalan kami selama bekerja plus penjabarannya. Kami juga musti ngenalin diri kami karna kami bakal ditanya siapa kami. Trus apalagi ya… kami juga musti bikin planning yang berhubungan ama karir kami kek di blognya pak laksono.

Abis istirahat makan siang, test dilanjutkan dengan diskusi kelompok, kami dibagi dalam kelompok-kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 orang trus kami dikasih kasus buat diselesaikan masing-masing anggota n abis itu didiskusikan ama kelompoknya, abis diskusi dikasih formulir berisi kesimpulan jalannya diskusi.
Diskusi kelompok kelar, ganti bussines games. Kami dibagikan mainan lego *itu tuh mainan anak kecil yang kotak-kotak kecil* buat disusun jadi kapal-kapalan, kapal yang dibikin musti sama persis ama contoh yang dikasih. Sesi ini berjalan seru banget karna selama bikin kapal, gak boleh nyentuh atau bongkar contoh kapal, kalo sampe kesentuh bakalan kena denda. Kelompok kami sih sebenernya nyaris berhasil bikin kapalnya, tapi karna terlalu semangat waktu mau gabungin badan kapal, eh… kapalnya malah hancur total . Kek-nya cuman sedikit ya testnya, tapi jangan salah loh… acara hari pertama baru selesai jam 8 malam, so fisik musti bener-bener fit.

Hari kedua, 15 Agustus. Hari kedua ini diisi wawancara ama test kepribadian plus mengarang indah. Wawancaranya sendiri masing-masing rata-rata makan waktu 1-2 jam n direkam, buat yang nunggu rasanya lama banget tapi kalo pas kita yang diwawancara, waktu 2 jam gak kerasa loh… bener deh… oia wawancaranya gak jauh-jauh dari apa yang pas di tulis pas hari pertama, wawancaranya juga gak serem kok malahan kayak curhat aja sampe ada yang pakai acara nangis loh… *siapa ya…?* buat yang gak dapat giliran wawancara, assessor bagikan kertas hvs 3 lembar buat ngarang tentang cita-cita selama kerja di perusahaan *siap-siap pegel …*, n ada juga beberapa test kepribadian kek hari pertama. Acara hari kedua ini cuman berlangsung setengah hari aja, makanya sorenya kami bisa langsung pulang ke banjarmasin.
Buat saya pribadi sih, test ini bikin kita jadi lebih ngerti diri sendiri, kelemahan maupun kekuatan kita. Saya jadi tau kalo ternyata saya neh masih suka gak pede, gak tega-an dan gak suka konflik. Kata assesornya saya musti mulai belajar tegas trutama soal kerjaan. Sst… yang ini bonus loh… soale sebenernya assessor gak boleh kasih feedback apapun ke kami. Yah… walopun akhirnya saya mungkin gak masuk ke jalur fast track buat jadi talent management, tapi setidaknya saya dapat pelajaran berharga, bahwa saya harus berubah untuk menjadi lebih baik.

Udahan dulu cerita tentang test talent management-nya, besok disambung lagi tentang apa dan gimana talent management. Yang jelas buat temen-temen ex ojt yang baca postingan ini n lom test, siap-in aja smuanya dengan sebaik-baiknya terutama fisik, soale capek pol…, saya aja sampe teler. Trus kerjain aja soal-soalnya sesuai apa yang ada di diri kita dan bukan apa yang seharusnya atau apa yang ideal. Dengan jujur menjawab soal-soal yang diberikan, kita bisa tau siapa kita sebenarnya dan musti gimana kita nantinya.

3 comments:

ratnaningsih August 24, 2007 at 10:41 PM  

halow-halow adik Naufal, alhamdulillah dah bisa ke sini.makasih yah dah main ket4 Naufal

wah asik dunk naik mobil dengan jalan kayak gitu, kayak offroad yah!!!

arifiani August 26, 2007 at 5:04 PM  

assalamu'alikum. talent management and offroad, kemaren sy juga habis off road ke perbatasan kab.banjar-tanbu. salam kenal bu

arifiani August 26, 2007 at 5:06 PM  

off road, mantap, sy kemaren juga offroad ke perbatasan kab.banjar-tanbu. salam kenal bu

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP