Taman Pintar Yogya Yang Bikin Pintar

Thursday, November 12, 2009



Taman Pintar-Ingin mengajak anak sekaligus membuat mereka jadi tambah pintar? Nah... kalo pas berkunjung ke yogya jangan lupa untuk mengunjungi Taman Pintar. Yah... dari namanya aja kita udah bisa tau kalo tempat ini bisa jadi tempat rekreasi keluarga sekaligus untuk menambah pengetahuan mereka, ujung-ujungnya mereka bisa tambah pintar kan.

Penasaran kan seperti apa taman pintar itu? Saya dulu juga gitu loh, udah beberapa kali rencana mau mengunjungi taman pintar, tapi selalu aja tertunda. Tapi akhirnya, wiken ini saya bisa juga mengunjungi tempat yang bikin penasaran itu. Mau tau kan letak taman pintar? Gampang kok, tau kan Jl. Malioboro, nah...ikuti aja jalan malioboro, trus Jl. A. Yani sampai ketemu lampu merah, terus belok ke kiri gak sampai 100 meter, Taman Pintar Pintar udah terlihat. Untuk parkir kita bisa memanfaatkan tempat parkir di samping Taman Pintar, tepatnya di depan Shopping (itu..tuh... pasar buku paling gedhe di Yogya). Untuk Masuk ke Taman Pintar bisa diakses dari pintu depan (Jl. Senopati) atau pintu samping (sebelah Shopping). Lokasi persisnya dapat dilihat di sini


Harga Tiket
Untuk Masuk ke area Taman Pintar kita tidak dikenakan tiket masuk, untuk bermain di palyground juga gratis. nah... kalo mau masuk ke Gedung Oval&Gedung Kotak, Gedung PAUD, Gedung Memorabilia dan Pertunjukan 4 dimensi kita akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 1.000 - Rp 15.000, tergantung wahananya. Harga Tiket untuk anak dan dewasa juga berbeda. Buat yang datang berombongan, ada juga loh tiket untuk rombongan minimal 30 orang, yang pasti harganya lebih murah. Tiket ini bisa di beli di depan Gedung Oval. Untuk Pertunjukan 4 dimensi, tiket juga bisa dibeli di depan ruang pertunjukan.

Ada apa aja sih di Taman Pintar

Banyak sekali wahana yang disediakan Taman Pintar. Ada lebih dari 6 kelompok wahana. Ada Playground, Gedung PAUD Timur, Gedung PAUD Barat, Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Memorabilia, dan Desaku Permai.

Playground
Sesuai namanya, playground ini berada di tempat terbuka alias outdoor. Di Playground ini terdapat banyak mainan mendidik yang bisa dinikmati anak-anak pra sekolah sampai anak usia sekolah. Anak pra sekolah sampai usia SD bisa bermain maze, itu loh permainan mencari jalan. Wahana Maze ini dibuat seperti kolam dengan bangunan-bangunan tembok penghalang dan terowongan-terowongan, maze ini bermanfaat sekali untuk melatih motorik kasar anak sekaligus melatih keberanian dan logika anak. Naufal seneng sekali loh maen di maze ini, apalagi dia bisa dapat banyak teman maen, yah... ternyata maze ini punya manfaat lain, yaitu melatih anak untuk bersosialisasi dan mengenal anak lainnya. Selain Maze, ada juga dinding berdendang.



Dinding berdendang, memang dinding bisa menyanyi? Dinding berdendang ini terbuat dari tembok yang di permukaannya di tanam gendang dengan berbagai macam ukuran, tiap ukuran akan menghasilkan suara yang berbeda, jadi kalo kita pukul gendang-gendang secara bergantian akan terdengar seperti berdendang. Dinding berdendang ini mengajarkan anak tentang hubungan tinggi rendah nada dengan luas permukaan gendang. Selain Maze dan dinding berdendang, ada juga Parabola Berbisik, Taman Lalu Lintas, Rumah Pohon dan beberapa permainan mendidik lainnya.

Parabola berbisik terdiri dari 2 buah parabola yang berhadapan dengan jarak kurang lebih 15 meter. Dua parabola yang berhadapan ini dapat menghantarkan rambat gelombang suara ke masing-masing fokus, permainan ini dimainkan oleh dua ora, masing-masing berdiri di depan tiap parabola. Satu orang berbisik di depan parabola, sedang yang lain mendengarkan dari parabola lainnya. Ajaib loh walaupun teman kita berbisik, tapi kita yang berada di parabola lain yang terpisah dengan jarak sekitar 15 meter bisa mendengar dengan jelas apa yang dikatakan teman kita. Serasa seperti kalo sedang bertelepon.

Gedung PAUD Timur dan Gedung PAUD Barat

Gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) disediakan khusus untuk anak berumur 2-7 tahun. Baik Gedung PAUD Timur atau Barat terdiri dari bangunan seperti rumah kuno yang sudah direnovasi. Masing-masing ruangnya dilengkapi dengan permainan anak seperti disekolah PAUD. Di Gedung PAUD Timur terdiri dari ruang konsultasi, computer kids, petualangan, puzzle balok, petualangan dan pertunjukan. Di gedung PAUD Barat terdiri dari ruang kesehatan, rruang bermain dan beberapa ruang lain. Di Gedung PAUD ini anak silatih untuk mandiri dan berani, jadi orang tua dilarang untuk menemani anak bermain karena sudah ada petugas yang menemani anak di tiap ruangan. Tapi jangan khawatir, untuk orang tua disediakan tempat untuk menunggu yang lumayan nyaman kok, jadi anak tetap bisa dalam pengawasan orang tua.

Gedung Oval & Gedung Kotak


Di gedung ini ada baaanyaaak sekali wahana permainan sekaligus pengetahuan untuk anak. Begitu masuk ke gedung oval, kita akan disambut dinosaurus besar yang bisa bersuara, jadi jangan kaget kalo dinosaurus ini sedang bersuara karena suaranya lumayan kenceng dan serem untuk ukuran anak. Selanjutnya kita akan melewati akuarium air tawar seperti di sea world,trus ada paku ajaib, bola ajaib, replika pesawat, mobil inova yang sudah dimodifikasi sedimikian rupa, pojok sains, trus disepanjang jalan lingkar terdapat foto-foto ilmuan. Di Lantai dua kita banyak disuguhi berbagai macam pengetahuan seperti kimia, fisika, biologi yang semua dikemas dengan menarik, sehingga tidak berkesan menggurui tapi tetap bisa menambah pengetahuan kita. Misalnya rumah simulasi gempa, simulasi 3 bayangan, simulasi tsunami, simulasi terjadinya turbulence dan masih buaanyak lagi. Kayaknya kalo disebutin di sini bakal panjang dan gak cukup sehari untuk membaca he..he..he..


Gedung Pertunjukan 4 Dimensi

Gedung pertunjukan 4 dimensi ini tidak beda jauh dengan yang ada di ancol, tatapi dengan kapasitas lebih kecil. Ada dua buah film yang diputar bergantian yaitu tentang angkasa luar dan tentang aqua adventure. Waktu kami melihat pertunjukan ini kebetulan yang sedang diputar adalah petualangan angkasa luar. Film yang berdurasi 15 menit ini menarik sekali loh.. dengan memakai kacamata 4 dimensi, semua gambar dilayar seakan hidup dan keluar, termasuk gambar bintang, seakan kita bisa ngambil tuh bintang, gitu juga waktu ada meteor yang bertabrakan, seperti meteor itu akan jatuh ke arah kita. Asyik banget deh, Naufal aja sampai ketawa-ketawa sambil tangannya berusaha meraih bintang-bintang yang ada di adegan, ditambah lagi efek lampu di beberapa adegan yang bikin tambah seru. Dengan durasi 15 menit, pertunjukan ini terasa terlalu cepat selesai.


Desaku Permai
Setting Desaku Permai dibuat sedemikian rupa, jadi kita seperti berada di desa beneran, ada rumah-rumah gubug seperti di tengah pematang sawah, sapi dengan anak gembala, rumah dengan dinding anyaman bambu, kandang sapi, bebek, petani yang lagi numbuk padi. Pokoknya desa banget dah.... masuk ke desaku permai membuat kita ingin kembali menikmati permainya desa yang tenang, subur, dan bebas polusi dengan penduduknya yang ramah.


Gedung Memorabilia
Gedung ini berisi sejarah-sejarah bangsa Indonesia, terdiri banyak foto para pahlawan termasuk replika-replika. Sayang kami tidak sempat masuk ke gedung ini karena waktu yang terbatas.
Saking banyaknya, saya sekeluarga sampai harus ke tempat ini 2 kali. Pertama saya sampai di Taman Pintar jam 4 sore dan ternyata udah banyak wahana yang tutup, jadi kami cuman bisa bermain di playground. Untuk mengobati rasa kecewa Naufal (our beloved son), akhirnya kami balik lagi keesokan harinya dan ternyata hari kedua pun kami menghabiskan waktu lebih dari 3 jam untuk mengelilingi hampir semua wahana yang ada. So, kalo mau mengunjungi Taman Pintar sebaiknya kita punya waktu yang cukup untuk menikmati semua wahana, rugi loh kalo sampai ada yang tertinggal.


Sekilas Tentang Taman Pintar
Alamat : Jl Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta 55122

Telepon: +62 274 583 631, 583 713 Fax. +62 274 583 664
Jam Layanan Taman Pintar : Hari Selasa - Minggu (jam 08.00-16.00 WIB), Hari Senin Tutup kecuali hari libur Nasional
Harga Tiket Masuk :
Gedung Oval & Gedung Kotak : Dewasa Rp 10.000,- Anak Rp 5.000,-
Gedung Memorabilia : Dewasa Rp 2.000,- Anak Rp 1.000,-
Gedung PAUD : Rp 1.000,-
Pertunjukan 4 dimensi : Rp 15.000,-
Logo : Merupakan penyederhanaan dari bentuk firework (kembang api) yang meupakan simbolisasi dari intelegensi dan imaginasi
Maskot : Burung hantu bernama Tepi. Burung Hantu sebagai lambang ilmu pengetahuan mampu mewakili fungsi Taman Pintar sebagai wahana apresiasi, ekspresi dan kreasi sains bagi para pelajar di Kota Yogyakarta.
Visi
Sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan
Misi
Menumbuhkembangkan minat anak dan generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan dan permainan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas
Motto
Mencerdaskan dan Menyenangkan

2 comments:

ke2nai November 15, 2009 at 8:57 PM  

keliatannya asik ya... anak2 sy pasti suka bgt ke sini. ayang nih adanya di jogja, jauh dr tempat saya :)

ke2nai November 15, 2009 at 9:07 PM  

mudah2an diberi kelancaran ya bun :)

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP